Penelitian Psikologi dan Internet
I.
Pendahuluan
Istilah publisistik
berasal dari kata kerja bahasa latin publicare yang berarti mengumumkan. Dari penjelasan tersebut,
penulisdapat menarik kesimpulan bahwa istilah publikasi dapat diartikan sebagai
pengumuman tentang suatu hal yang disiarkan lewat media elektronik atau
diterbitkan di media cetak
Namun adakah dampak
atau hubungan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi
yang berkembang pesat dewasa ini dengan perkembangan publikasi?
saat ini telah di
temukan sebuah inovasi baru dalam kegiatan publikasi, yaitu publikasi online
II.
Rumusan Masalah
1. Apa yang perlu diperhatikan dalam
membuat publikasi di internet ?
2. Apa saja etika penelitian psikologi
dengan bantuan Internet ?
3. Bagaimana Penelitian tentang
psikologi dan kaitannya dengan internet ?
III.
Tujuan
1. Mahasiswa dapat mengetahui dan
memahami hal-hal yang menjadi perhatian dalam membuat publikasi di internet
2. Mahasiswa dapat mengetahui dan
memahami etika penelitian psikologi dengan bantuan internet
3. Mahasiswa dapat mengetahui dan
memahai berbagai hasil penelitian tentang psikologi dan kaitannya dengan
internet
IV.
Pembahasan
A.
PUBLIKASI ONLINE
ADALAH
"informasi,
pesan atau pengumuman dalam bentuk online yang diterbitkan dan diumumkan dalam
dunia internet melalui media elektronik baik melalui komputer, leptop,
handphone atau apa saja yang dapat terhubung dalam dunia online"
banyak yang dapat kita lakukan dalam publikasi online misalnya, berjualan atau memasarkan produk-produk baru atau produk bekas sekalipun banyak juga perusahaan atau hanya sekedar home production yang dipasarkan melalui publikasi online, semua itu sangat bermanfaat dan lebih hemat sebab hanya dengan menggunakan koneksi internet kita sudah dapat menyalurkan serta menyebarkan apa yang kita butuh informasikan ke pada seluruh masyarakat, baik itu dalam atau pun luar negeri. mengingat jangkauan koneksi internet yang sangat luas.
lalu, tips apa saja yang diperlukan agar publikasi online Anda berhasil ?
publikasi online dapat berhasil jikalau kita dapat melakukan beberapa strategi seperti yang akan saya sebutkan di bawah ini :
1. Ketahui Ruang Lingkup Sasaran
Hal yang wajib dilakukan sebelum
melancarkan publikasi adalah mengenali sasaran.Jika ruang lingkup sasaran kita
hanya sebatas satu kampus, maka kita bisa mempublikasikan di grup online
lingkup kampus. Begitupun jika ruang lingkup regional, nasional, atau bahkan
internasional. Kita bisa mempublikasikan di grup dengan lingkup yang sesuai.
2. Kenali
Perilaku Sasaran
Dengan mengenali
perilaku sasaran, maka kita akan bisa menyesuaikan dengan kebiasaan – kebiasaan
yang dilakukan oleh sasaran kita. Semisal, kita mengetahui bahwa acara kita
diperuntukkan bagi kalangan pemuda yang suka desain dan fotografi. Kalangan
tersebut menyukai desain poster yang menarik dan sering berkunjung di grup
desain / fotografi. Dengan demikian, cara kita dalam mempublikasikan adalah
dengan menggunakan desain yang menarik dan melalui grup desain dan fotografi.
Perilaku sasaran juga bisa berupa bahasa
yang sering digunakan. Bahasa mempengaruhi materi publikasi. Gunakan bahasa
sesuai dengan bahasa yang sering digunakan oleh sasaran.
3. Lakukan pada
Saat Primetime
Jejaring sosial
memiliki suatu waktu yang paling efektif untuk mempublikasikan sebuah wacana.
Di waktu itu terdapat sangat banyak pengguna yang sedang online. Berdasar riset, waktu primetime jejaring sosial adalah sekitar pukul
19.30 – 22.30. Di waktu – waktu itulah, kita bisa menggencarkan publikasi acara
kita. Semakin banyak pengguna yang online, semakin
banyak pula pengguna yang melihat materi publikasi kita.
B.
ETIKA DALAM PENELITIAN DENGAN BANTUAN INTERNET
Etika penelitian
dengan bantuan internet berkaitan dengan “benar” atau “salah” dalam melakukan
penelitian. Seorang peneliti dalam hal ini perlu memperhitungkan apakah
penelitiannya layak atau tak layak untuk dilakukan.
Secara garis besar, penelitian
percobaan (eksperimen) terbagi menjadi penelitian laboratorium (laboratory experiment) dan penelitian lapangan(field experiment). Masing-masing penelitian tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri
1. Penelitian laboratium
Penelitian
laboratorium merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan tertutup, dimana kelompok
eksperimen dijauhkan dari variable pengganggu sebab dapat memengaruhi hasil
dari pengujian hubungan sebab akibat.
- Kelebihan
penelitian ini adalah hasil dari penelitian ini lebih dapat di pertanggungjawab
kan keabsahannya karena
hanya memfokuskan pada
pengujian hubungan sebab dan akibat.
- Kelemahan penelitian
laboratorium adalah penelitian ini belum tentu dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Penelitian lapangan
Penelitian lapangan
merupakan penelitian yang dilakukan dalam ruangan terbuka, dimana kelompok
eksperimen masih dapat berhubungan dengan faktor-faktor luar.
-Kelebihan
penelitian lapangan adalah :
hasil
penelitian ini dapat diberlakukan dalam kehidupan sehari-hari.
-Kelemahan
penelitian lapangan adalah :
tingkat kepastian
hubungan sebab akibat tidak sebesar pada penelitian laboratorium karena
sulitnyauntuk mengontrol variabel-variabel pengganggu.
Dalam melakukan
sebuah penelitian percobaan, terdapat etika dan aturan-aturan
yang harus diperhatikan oleh sang peneliti karena menyangkut kebebasan dan hak asasi subjek
penelitian. Berikut adalah etika penelitian percobaan:
·
Mengirimkan hasil penelitian kepada subjek.
·
Memberitahukan secara jujur dan jelas kepada subjek
tentang prosedur penelitian yang telah dilakukan.
·
Memberikan terapi atau bantuan pemulihan kepada
subjek yang mengalami akibat negatif, baik secara fisik atau psikis dari
penelitian, sampai kembali sehat seperti semula.
·
Penelitian yang melibatkan binatang harus memperhatikan
akibat negatif yang mungkin dialami binatang, seperti indra melemah,
menyendiri, serta memar atau luka fisik.
C. PEMBAHASAN TENTANG
PENELITIAN YANG BERHUBUNGAN DENGAN INTERNET
Jurnal yang akan kita bahas saat ini
berjudul : "Adiksi terhadap game online pada anak usia sekolah di warung
internet penyedia game online"
jurnal ini membicarakan tentang
bagaimana pesatnya perkembangan dunia internet, dan begitu pula dengan
perkembangan game online, namun aktivitas bermain online yang berlebihan dapat
menimbulkan dampak yang negatif.
peneliti menggunakan sampel anak
usia sekolah sebab berdasarkan hasil penelitian secara deskriptif dan
dengan menggunakan sistem kuisioner baku oleh lemmens dengan 7 standarisasi
kecanduan yang diberikan kepada 71 anak, peneliti mendapatkan hasil bahwa anak
usia sekolah memiliki resiko lebih besar untuk terkena sikap adiksi terhadap
game online.
Pada usia tersebut anak-anak
biasanya menyukai game yang bersifat peraturan. adapun kriteria dari penderita
game addiction adalah :
- salience
- tolerance
- mood modification
- relapse
- withdrawal
- conflict
- problems
penanganan yang paling baik untuk
menangani kecanduan akan game online menurut young adalah dengan menjaga sesi
bermain artinya tetap bisa bermain sering namun singkat. selain itu pemian
dapat memilih permainan yang lebih bersifat "nyata" sebab
dukungan kegiatan di dunia nyata begitu berpengaruh besar terhadap pemulihan.
V.
Kesimpulan
Beberapa alasan
mengenai pentingnya etika dalam dunia maya adalah sebagai berikut:
a. Pengguna
internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan
adat istiadat yang berbeda-beda.
b. Pengguna
internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia yang tidak mengharuskan
pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
c. Berbagai
macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk
bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan
melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
d. Harus
diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan
memungkinkan masuknya “penghuni” baru didunia maya tersebut.
Dasar-dasar etika
yang perlu diketahui :
- Jujur dalam
mencantumkan sumber dan penulis
- Kutip seperlunya
- Bijak dalam
meng-copy sebuah situs
Daftar Pustaka
http://id.shvoong.com/social-sciences/counseling/2205694-pengertian-publikasi/#ixzz2CxDYpIfe
http://www.pplhbali.or.id/id/publikasi.html
http://yunitaandini.blogspot.com/2012_11_01_archive.html
http://dewa18.wordpress.com/2012/03/05/tips-publikasi-via-jejaring-sosial/
http://nugra.net/number-two-article/
http://maalamala.blogspot.com/
http://www.pplhbali.or.id/id/publikasi.html
http://yunitaandini.blogspot.com/2012_11_01_archive.html
http://dewa18.wordpress.com/2012/03/05/tips-publikasi-via-jejaring-sosial/
http://nugra.net/number-two-article/
http://maalamala.blogspot.com/
http://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://perpuspapat.files.wordpress.com/2008/02/etikaber-internet.pdf
http://ebookbrowser.com/etika-penelitian-eksperimen-psikologi.pdf
http://acherryz.blogspot.com/2012/11/final-softskill-psikologi-teknologi.html
http://yunitaandini.blogspot.com/2012/11/final-softskill-psikologi-teknologi.html
http://acherryz.blogspot.com/2012/11/final-softskill-psikologi-teknologi.html
http://yunitaandini.blogspot.com/2012/11/final-softskill-psikologi-teknologi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar