Minggu, 29 Desember 2013

Computer Supported Cooperative Work (Tulisan)

A.    Computer Supported Cooperative Work (CSPW) 
CSCW adalah sebuah istilah generik, yang menggabungkan pengertian bagaimana orang bekerja dalam sebuah kelompok dengan teknologi pendukung berupa jaringan komputer, Perangkat keras, Perangkat lunak terkait, layanan, dan teknik.

CSCW Matrix adalah Salah satu bentuk umum konseptualisasi sistem CSCW adalah dengan mengamati konteks dari penggunaan sistem tersebut. Contohnya adalah matriks CSCW, yang diperkenalkan pertama kali pada tahun1988 oleh Johansen; dan juga muncul pada [4]. Matriks dimaksud membagi konteks sebuah "work" ke dalam dua dimensi yakni waktu dan lokasi. Dimensi waktu dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada waktu yang bersamaan (sinkron), atau berbeda (asinkron). Dimensi lokasi dibagi menjadi kolaborasi yang dilakukan pada tempat yang sama, atau tempat yang terdistribusi.

Contoh yang digunakan pada CSCW adalah :
·  Kaloborasi para Ilmuwan yang bekerja sama pada suatu proyek 
· Pengarang mengedit suatu dokumen bersama-sama 
· Programmer suatu sistem secara bersamaan 
· Bekerja sama sebagai sharing atas suatu video bersama yang conferencing aplikasi 
· Para pembeli dan para penjual melakukan transaksi secara eBay 

CSCW seringkali diasumsikan sebagai aspek yang dihasilkan dari sebuah groupware. CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara lain:
a)      komunikasi yang normal antar manusia 
· Komunikasi face-to-face 
· Percakapan 
b)      komunikasi berbasis teks

Komunikasi Face To Face 
Pada komunikasi face to face Tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata. 
 Personal Space 
• Kontak dan tatapan mata 
• Gerak isyarat dan bahasa tubuh 
• Back channel 
• Turn-taking 

Percakapan 
Terdapat dua prinsip ucapan antara lain: 
• relevan artinya bahwa suatu ucapan harus sesuai dengan topik tertentu 
• helpful artinya suatu ucapan harus dapat dimengerti oleh pendengar dan tidak ada ambigu dari pemahaman pendengar 

Komunikasi Berbasis Teks 
Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware: 
• discrete; pesan langsung seperti dalam email 
• linear; pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal 
• non-linear; saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext 
• spatial; dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi 

Kerja Kelompok 
Perilaku kelompok lebih kompleks terutama apabila kita memperhatikan hubungan sosial yang dinamis selama bekerja dalam kelompok. 
• Dinamika kelompok 
• Layout Fisik 

• Kognisi Terdistribusi

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar